cara memulai bisnis dari nol tanpa modal

Semakin populernya dunia bisnis online, banyak orang tertarik berbisnis dan menjadi pengusaha.

Memulai bisnis online itu mudah, bahkan tanpa modal.


Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara berbisnis online dengan benar.


Hanya semangat berbisnis di awal, buat akun instagram, facebook, marketplace buat jualan, tapi ujungnya bisnisnya mati di tengah jalan.


Tidak pernah diurus.


Kalah saingan.


Dan berbagai macam penyebab lain.


Itu karena mereka tidak tahu ilmu dan strategi berbisnis online.

Di dalam panduan artikel bisnis ini, saya akan mengajarkan Anda bagaimana cara memulai bisnis tanpa modal mulai dari nol.

So, sudah siap?

Kita mulai belajar hari ini…

Eits jangan lupa buku tulis dan bolpointnya, atau mungkin yang lebih canggih, pakek Word atau Google Docs buat ngetik. 🙂

Langkah-langkah Memulai Bisnis Online dari Nol Tanpa Modal :

1. Tetapkan Tujuan

Tunggu. Jangan tutup dulu artikelnya. Pasti Anda menyesal bila tidak membaca sampai habis.

Apa pikir artikel ini hanyalah artikel basa-basi seperti artikel yang lainnya? Memberikan judul tanpa solusi?

Hanya karena saya memberikan poin “Tetapkan tujuan” pada daftar pertama memulai bisnis?


Apa Anda pikir tujuan itu tidak penting bagi kemajuan bisnis Anda?


Maka, Anda salah.

Hal yang paling terpenting untuk memulai sebuah bisnis adalah menetapkan tujuan Anda. Setting Your Goals.

Jika tujuan Anda benar, maka perjalanan membangun sebuah bisnis pasti akan lancar karena kita sudah punya “kunci” nya.

Ketika kita harusnya pegang kunci pintu malah kunci gembok pagar yang dimasukkan ke lobang kunci pintu. Kan gak match?

So, tujuannya dulu apa?

  • Menjalankan bisnis untuk bantu suami? Oke
  • Membuka bisnis untuk bantu orang tua? Oke
  • Membuka bisnis untuk mandiri bayar kuliah sendiri? Oke
  • Membuka bisnis karena pengen lebih dekat dengan anak-anak? Oke

Tetapkan niat memulai bisnis online

Pastikan niatmu itu besar dan bermanfaat bagi orang lain bukan hanya untuk diri sendiri. Karena, ketika kita malas, pasti akan ada “penyemangat” yang mengingatkan kita untuk bangkit.

Misal : Saya malas hari ini buat balesin chat pelanggan. Lalu, tanya pada diri sendiri. Apa nih kerugiannya kalau saya malas balesin chat hari ini?

Orderan molor, kredibilitas bisnis menurun, pelanggan beralih ke toko lain, bangkrut. Nah, biaya kuliah siapa yang nanggung? Gak bisa kasih uang Emak sama Bapak?

Namun, ada baiknya niat Anda bukanlah tujuan jangka pendek saja, namun untuk jangka panjang.

Sebenarnya apa gunanya menetapkan tujuan di awal?

Alasannya adalah bila Anda mengalami naik turun dalam bisnis, Anda tidak akan cepat menyerah oleh keadaan karena ingat akan tujuan mulia Anda.

Nah, sekarang saya tanya? Apa nih niat emak-emak strong, kakak-kakak kece, ibu-ibu muda disini untuk memulai bisnis online? (Jawab di kolom komen bawah artikel yah 🙂

2. Pilih Bisnis Anda

Sudah tetapkan niat. Langkah kedua cara memulai bisnis online yaitu pilihlah bisnis apa yang akan Anda jalankan.

Bagaimana cara memilih bisnis yang menguntungkan besar?

Usaha apa yang menguntungkan?

Bisnis apa yang cocok untuk pemula?

Oke. Karena kita saat ini memulai bisnis dari nol dan tanpa modal, lebih baik ikuti saran saya terlebih dahulu.

Pilih bisnis dari sesuatu hal yang kamu suka. Bisa dari hobi, kegiatan sehari-hari yang bikin kamu lupa diri atau bisa disebut passion.

pilih bisnis dari hobi (cara memulai bisnis online)
Tapi, kata orang hobi itu tidak bisa dijadikan bisnis? Oke, pendapat itu saya dapat simpulkan salah. Karena apa? Karena dia gagal mengatur waktunya antara hanya untuk menghabiskan waktu untuk hobinya dan mengelola bisnis dari hobinya.

Namun, tidak salah juga bila Anda memilih bisnis yang bukan bermula dari hobi Anda. Yang penting Anda harus mau belajar.

Baik, kembali lagi. Kenapa memilih bisnis berdasarkan hal yang kita sukai? Jawabannya karena :

  • Tidak ada beban dan lebih enjoy
  • Lebih menguasai bidang tersebut
  • Tidak perlu belajar dari nol dalam memahami teknik-teknik produksi atau distribusi
  • Dapat menjalaninya dengan sepenuh hati
  • Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, melakukan hobi sambil menghasilkan uang. Atau bisa dibalik menghasilkan uang sambil menjalankan hobi.

Namun, bisnis yang paling cocok untuk pemula, mudah, dan tanpa modal adalah bisnis reseller atau dropship.

Reseller atau Dropshipper adalah Bisnis Yang Cocok untuk Pemula dan Tanpa Modal

Kenapa saya katakan tanpa modal? Karena pada bisnis online Anda bisa melakukan sistem reseller atau dropship.

Reseller adalah sebutan bagi orang yang menjual barang dagang. Sistem reseller adalah Anda menjual barang dengan membeli barang dari supplier kemudian menjualnya kembali dengan keuntungan/komisi yang telah ditetapkan.

Sedangkan dropship adalah sistem menjual barang dengan cara Anda mempromosikan produk dari supplier, kemudian supplier mengirimkan barang kepada penjual secara langsung tanpa melalui Anda. Anda dapat mengambil untung dari komisi ataupun presentase keuntungan yag telah Anda tetapkan sendiri.
bisnis online tanpa modal

Jadi, dengan kata lain reseller adalah pelakunya, sedangkan dropship adalah sistemnya. Anda dapat mengirimkan barang pesanan melalui Anda (barang transit dulu ke gudang Anda, quality control, packing dan pengiriman Anda sendiri yang lakukan). Sedangkan pada sistem dropship, proses quality control, packing, hingga pengiriman supplier lah yang bertanggung jawab, Anda hanya mencari customer saja.

Kenapa bisnis reseller atau dropship tidak membutuhkan modal? Karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya produksi. Anda dapat lakukan bisnis ini dengan media online atau offlineNamun, tidak dapat ditampik bahwa cara yang paling mudah untuk mendapatkan pelanggan di era modern teknologi saat ini adalah dengan media online atau internet. Itulah mengapa disebut bisnis online.

Apa yang ditonjolkan dalam bisnis online? Foto. Anda hanya perlu memiliki foto produk dengan spesifikasi tertentu. Anda tidak perlu membeli terlebih dahulu produk tersebut.

Anda hanya perlu cari supplier, research produknya, ijin repost foto untuk promosi ke sosial media Anda (Instagram, facebook, marketplace, Whatsapp), mulai sistem order, customer transfer, Anda transfer ke supplier, barang dikirim.

Mudah bukan? Anda tidak perlu modal untuk menjual suatu produk. Bagaimana sistem ordernya?

Anda dapat menjual dengan sistem PO atau Pre Order. Apa itu Pre Order?

Sistem pre order adalah sistem jual beli barang dengan cara pembeli memesan dan membayar terlebih dahulu dengan jangka waktu order yang telah ditetapkan, barulah penjual mengirim barang setelah barang ready dan siap dikirim.

Dengan sistem Pre Order Anda tidak perlu membeli barang dahulu baru menjualnya alias bisnis tanpa modal. Anda hanya perlu mempromosikan produk dan melakukan transaksi dengan cara pembeli membayar terlebih dahulu. Barulah Anda membeli barang dari supplier dengan modal uang yang telah terkumpul dari para pembeli, lalu mengirimnya baik dengan dropship atau secara langsung.

3. Research Pasar

Langkah selanjutnya yaitu research pasar. Karena kita fokus pada bisnis online, maka yang akan kita bahas adalah cara melakukan research pasar bisnis online. Sebelum, take an action, kita siapkan dahulu resource apa saja nih yang kita butuhkan untuk melakukan research pasar :

  • Daftar Supplier
  • Harga Pasar
  • Harga Beli
  • Harga Jual

Langkah-langkah research pasar untuk memulai bisnis online :

a. Kumpulkan dan Daftar Supplier

Bagaimana cara mencari supplier toko online? Cara mencarinya adalah dengan buka android atau Iphone Anda, buka instagram, facebook atau marketplace seperti bukalapak, tokopedia, shopee.

b. Cermati Harga Pasar dari Produk yang Anda Incar

Setelah Anda kumpulkan daftar supplier, jangan lupa mencatat apa yang telah Anda temukan tersebut. Anda dapat membuat tabelnya seperti ini :

cara mencari supplier
Hubungi satu per satu supplier tersebut untuk mengetahui syarat dan ketentuan untuk menjadi reseller/agen/dropshiper.  

Kemudian hitung dengan teliti berapa modal yang harus Anda keluarkan saat membeli 1 pcs barang. Biasanya saya hitung seperti ini :

Ongkir 1 kg barang 18rb  = 3 pcs, berarti 1 pcs 6rb

Harga 1 pcs harga dari supplier = 140rb

Laba per pcs = 20rb

Harga Jual = Harga awal + Ongkir + Laba = 140+6+20= 166rb

Masih dibawah harga pasar. Anda dapat menentukan juga harga produk berdasarkan branding Anda. Misalnya jika branding Anda exclusive dengan target market kalangan menengah ke atas, maka Anda dapat menjual dengan harga tinggi. Nah, ada beberapa supplier yang memang tidak mengizinkan reseller-nya untuk menetapkan harga di bawah harga resmi/official. Jadi, Anda harus patuh pada aturannya daripada terkena sanksi.

Ingat ! Niat awal sudah baik, maka untuk menjalankan bisnis juga harus baik. Kejujuran adalah faktor penentu agar bisnis Anda sukses.

4. Tentukan Target Market

Terbukti bisnis yang memiliki target market yang spesifik dan jelas akan menghasilkan penjualan lebih tinggi daripada yang tidak. Target market adalah sekelompok orang atau organisasi yang memiliki kesamaan karakteristik dan secara khusus menjadi sasaran pemasaran.

tentukan target market (memulai bisnis)

Misalnya Anda menjual baju anak. Tapi, kebanyakan followers instagram atau teman facebook Anda adalah anak-anak yang berusia 17 tahun, belum memiliki pekerjaan, penghasilan bahkan anak. Sudah dipastikan mereka tidak akan memberli produk Anda bukan?

Inilah mengapa target market sangat penting. Anda dapat menentukan target market dengan mempertimbangkan faktor geografi, demografi, gaya hidup/budaya, dan behavior.

Bagaimana cara menentukan target pemasaran? Anda harus mampu menjawab pertanyaan berikut :

  1. Siapa yang membutuhkan produk Anda?
  2. Bagaimana karakteristiknya? (usia, pekerjaan, penghasilan, jenis kelamin, hobi,dsb)
  3. Apa masalah konsumen Anda?
  4. Apa solusi yang kita bisa tawarkan kepada mereka?
  5. Dimana dan kapan mereka mencari kebutuhannya?
  6. Kenapa mereka harus membeli produk dari Anda daripada pesaing?

Setelah Anda merumuskannya dan menentukan target market yang tepat, maka Anda dapat mempromosikan produk Anda ke target saja.

Pro Tips : Merangkul semua kalangan untuk menjadi target market bukanlah hal yang tepat.

5. Buat Business Plan

Ada baiknya segala hal yang kita rencanakan tertuang pada dokumen tertulis. Ini dilakukan agar Anda dapat mengontrol apakah bisnis Anda berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan. Business plan ini juga merupakan panduan Anda untuk menjalankan bisnis sesuai dengan langkah-langkah yang benar.

Banyak sekali contoh business plan yang bisa Anda ambil dan implementasikan pada bisnis Anda. Beberapa item dari business plan yaitu :

  1. Latar belakang
  2. Analisa Pemasaran
  3. Analisa Produk
  4. SWOT
  5. Analisa Manajemen dan
  6. Analisa Keuangan

Anda tidak perlu membuatnya sama persis tapi Anda dapat mengambil poin-poinnya sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

KESIMPULAN CARA MEMULAI BISNIS TANPA MODAL MULAI DARI NOL :

Memulai bisnis tidaklah susah. Bahkan sangat mudah. Apalagi di dunia digital saat ini. Itulah yang disebut bisnis online. Bisnis online butuh ilmu dan strategi.

Jangan menunda bisnis karena alasan modal, keterbatasan waktu atau sumber daya, fasilitas dan lainnya. Bukan memproduksi tapi fokuskan pada penjualan. Bisa menjadi reseller atau dropshipper. Dengan sistem pre order keharusan bahwa bisnis harus punya modal sekarang terhapuskan.

Yuk bisnis dan jadilah Womenpreneur. 🙂

Like dan Share Artikel ini bila bermanfaat. 🙂

Summary
Cara Memulai Binis Online Tanpa Modal
Article Name
Cara Memulai Binis Online Tanpa Modal
Description
Cara memulai bisnis tanpa modal bukan tidak mungkin. Dengan bisnis online Anda bisa, bila tahu ilmu dan strateginya memulai bisnis dari nol
Author
Publisher Name
Pengusaha Wanita
Publisher Logo

6 thoughts to “Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal : Persiapan dari Nol

  • Nur Rohaeni (Aeni)

    Tujuan pengen bantu suami cari uang tambahan buat biaya sklh ank”😀mksh byk mbak ilmunya hbs baca tambah semangat pgn cpt” bisnis lg

    Reply
    • Indriastuti Puspita

      MasyaAllah, semoga tujuan itu tercapai ya… alhamdulillah… tinggal praktek aja mbak… Afwan 🙂

      Reply
  • Lim

    Tujuan sy berjualan untuk menambah income keluarga, dr artikel mbk.indri sy masih bingung dg sistem dropship.. jika sy droship, komisinya dpat dr suplier tah? Mengingat konsumen/pembeli langsung transfer ke suplier

    Reply
    • Indriastuti Puspita

      Halo kak Lim,

      Iya… kalau misal customer kak Lim transfer ke rekening supplier, maka harusnya kak Lim mendapatkan komisi dari supplier. Sebenarnya dropship adalah sistem penjualan dimana supplier mengirimkan barang pesanan customer langsung tidak melalui perantara (penjual: disini posisi kak Lim sebagai penjual).

      Mengenai uang di transfer ke penjual atau supplier itu kembali ke sistem. Kalau uang di transfer ke supplier maka kak Lim berhak mendapat komisi dari supplier. Bila uang ditransfer ke rekening kak Lim, maka keuntungan bisa dimarkup sendiri dengan harga jual lebih tinggi dari supplier. 🙂

      Semoga membantu 🙂

      Reply
  • Nayra

    baru mulai bisnis online 2 bulanan karena udah pingin pensiun jadi tkw 😊dan mood nya masih on of 😇

    Reply
    • Indriastuti Puspita

      wahh semangat mbak Nayra… tkw nya dimana mbak? 🙂

      Reply

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *